instalasi arsitektur, spa2, ukdw
Di Jogja, orang selain bicara tentang bagaimana kota seni senyatanya, maka di Jogja pula mereka menemukan solusinya. Kota seni senantiasa berhubungan dengan keindahan arsitektur kotanya, khususnya tersedianya ruang publik di tengah kota untuk aktivitas seluruh warga kota. Mempercantik kota bukan dengan semata-mata menempatkan sebuah produk arsitektur perkotaan, tetapi dengan niatan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat yang tinggal melalui seni budaya setempat.
Ruang publik merupakan denyut kehidupan kota menjadi terasa. Di ruang publik, masyarakat melakukan aktivitas seni budaya. Seni grafis, mural, di Jogja menyadarkan kita akan banyaknya ruang-ruang di kota yang terabaikan. Seni instalasi telah berperan mengangkat kembali ruang-ruang yang sebenarnya sunyi karena alasan manfaat. Hal yang sama kita lihat pada aksi-aksi yang dilakukan oleh para seniman seperti Didik Nini Thowok yang “ngamen” di Malioboro beberapa waktu yang lalu. Usahanya mengangkat ruang-ruang kota sebagai tempat berkesenian telah menguatkan citra kota sebagai kota yang berbudaya.
Lebih jauh lagi mereka mengajak publik kota menemukan perca-perca ruang kota itu menjadi lebih bernilai. Menghidupkan dan merevitalisasi ruang publik Kota Yogyakarta menjadi ruang kesenian dan aktivitas budaya untuk warga kota dan pendatang akan memberikan karakter dan pencitraan bagi kota yang manusiawi, serta memberikan kesejahteraan bagi penghuni kota. Ruang terbuka untuk publik berkesenian dapat dibangun:
- Meningkatkan ruang terbuka yang melibatkan warga kota,
- Merevitalisasi kawasan pusat kota, down town, sebagai pusat aktivitas berkesenian
- Membangun kesepakatan pengelolaan ruang publik melalui aktivitas kesenian.
Ruang publik kota untuk penyelenggaraan aktivitas kesenian yang dinikmati masyarakat luas, bersifat outdoor, yakni festival, parade, performan, pameran, basaar, rekreasi. Kawasan pusat kota, down town, merupakan arena rekreasi keluarga, wisatawan, untuk berinteraksi dan saling bertemu untuk berbagai aktivitas rekreasi pasif dan aktif.
Materi ini disampaikan dalam acara ’Bisnis Properti’ TVRI Yogyakarta, November 2010.
Komentar
Posting Komentar